5 Kopi Termahal Di Dunia


Kopi dianggap sebagai salah satu minuman terenak di dunia. Minuman yang mampu memberi tambahan energi bagi tubuh ini kian diminati oleh setiap orang dari berbagai kalangan sosial maupun tingkatan usia. Kopi juga merupakan salah satu tanaman yang paling umum di budidayakan di seluruh dunia. Saat ini ada banyak ragam varietas kopi dan keragaman tersebut dibedakan berdasarkan kualitas, rasa, dan aroma kopi tersebut. Dan dari perbedaan tersebut, munculah perbedaan pada harga setiap kopi. Nah jika anda adalah seorang penikmat atau bahkan pecinta kopi, kami menuliskan daftar 5 Kopi Termahal di dunia yang menarik untuk diketahui. Berikut 5 Kopi Termahal di Dunia :

5. Fazenda Santa Inez (Brazil) – $100/kg

Kopi Fazenda Santa Inez berasal dari dataran tinggi sebuah negara bagian di Brazil, Minas Gerais. Disana, proses pengolahan biji kopi di olah secara tradisional. Setiap tahap dilakukan tanpa melibatkan mesin otomatis. Dari proses pengolahan tersebut, kopi yang dihasilkan memiliki citarasa buah dan karamel.

4. El Injerto (Guatemala) – $105/kg

Pada tahun 2006, kopi El Injerto berhasil membawa pulang Excellence Cup sebagai kopi dengan citarasa terbaik. Semenjak itu, harga kopi yang dibudidayakan di daerah Huehuetenango kian meroket seiring dengan jumlah permintaan yang kian meningkat setiap tahunnya.

3. Saint Helena Coffee Company Island (Saint Helena) – $154/kg

St. Helena Island adalah sebuah pulau yang terletak 2.800 km disebelah barat pesisir Angola. Kepopuleran kopi ini datang dari rumor yang menyebutkan bahwa tanaman kopi di St. Helena berasal dari tanaman kopi yang ditaburkan oleh Napoleon Bonaparte ketika dia diasingkan ke St. Helena. Dan semua orang tahu bahwa Napoleon adalah seorang penjelajah yang juga pecinta kopi.

2. Hacienda La Esmeralda (Panama) – $208/kg


Hacienda La Esmeralda dihasilkan dari tanaman kopi yang tumbuh di daerah khusus di Boquete. Tanaman kopi tumbuh di bawah pohon-pohon jambu tua yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Hal ini membuat kopi memiliki citarasa yang beragam. Namun sayang, keterbatasan lahan membuat kopi ini langka di pasaran.

1. Kopi Luwak (Indonesia) – $250-$1500/kg

Diurutan pertama ada Kopi Luwak yang berasal dari Indonesia. Kopi Luwak adalah kopi yang dihasilkan dari kotoran hewan luwak/musang. Harga kopi luwak yang fantastis disebakan oleh proses pengolahannya yang unik. Biji kopi luwak yang masih berbentuk cery akan dimakan ole hewan luwak. Setelah mengalami fermentasi, biji kopi akan dikeluarkan melalui kotoran luwak. Ada beberapa daerah yang menghasilkan kopi luwak, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung dan beberapa daerah penghasil kopi lainnya. Harga kopi luwak yang mahal membuat orang-orang berduyun-duyun bergabung dalam bisnis kopi luwak. Alhasil kopi luwak kini terbagi atas 2 jenis, yaitu Kopi Luwak Liar dan Kopi Luwak Penangkaran. Harga yang dipatok pun beragam, mulai dari $250 hingga $1500/kg.

Info Dari ZonaKopi