Cara Menyimpan Kopi Yang Benar


Selain teknik meracik kopi yang mumpuni, kualitas kopi yang bagus adalah salah satu faktor yang menentukan kenikmatan secangkir kopi. Kualitas kopi umumnya ditentukan oleh varietas biji kopi yang diolah dengan baik pada saat proses pengolahan mulai dari masa panen hingga proses penggilingan biji kopi menjadi bubuk. Namun, seringkali kita melupakan tentang pentingnya menjaga kualitas kopi agar tetap fresh hingga kopi sampai ke tahap penyeduhan. Salah satu yang harus anda perhatikan dalam menjaga kesegaran kopi adalah mengetahui bagaimana cara menyimpan kopi yang benar.
Pada dasarnya, untuk menyimpan kopi anda hanya harus memperhatikan Toples penyimpanan dan tempat dimana kopi anda disimpan. Untuk lebih mudahnya, saya akan membahasnya satu persatu.
Angin adalah musuh terbesar bagi kesegaran kopi. Jadi toples penyimpanan kopi yang paling ideal adalah adalah toples yang kedap udara, dengan kriteria : Semua bagian toples terbuat dari bahan kaca atau metal serta penutup toples dapat mengunci dengan baik sehingga tidak ada celah untuk angin dapat masuk. Untuk mengetahui contoh toples penyimpanan kopi yang ideal, anda bisa melihat 2 contoh toples yang ideal untuk menyimpan kopi dibawah ini:

Nah, faktor yang perlu anda perhatikan lainnya adalah pemilihan tempat penyimpanan. Kriteria tempat yang tepat untuk menyimpan kopi adalah sebagai berikut :
  • Jauh dari paparan cahaya matahari
  • Kering
  • Jauh dari benda atau zat yang berbau tajam
  • Sejuk
Nah, dari kriteria diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa tempat yang baik untuk menyimpan kopi adalah di dalam lemari dapur. Kenapa? karena lemari dapur biasanya gelap, kering, sejuk dan jauh dari benda-benda atau zat yang berbau tajam. Namun perlu anda ketahui, hindari menyimpan kopi dalam Kulkas atau Freezer. Memang suhu di dalam Kulkas lebih dingin dibandingkan didalam lemari, namun suhu yang terlalu dingin akan membekukan kopi anda, apalagi kopi yang anda simpan dalam bentuk bubuk. Selain itu suhu didalam kulkas juga menyebabkan tempat tersebut menjadi lembab, dan yang lebih buruknya lagi sifat dasar kopi yang menyerap bau akan menyebabkan bau kopi anda tercampur dengan bau dari bahan-bahan makanan didalam kulkas yang memiliki bau tajam seperti daging atau ikan.
Dari tulisan diatas, mungkin anda sudah mengetahui alasan pentingnya menyimpan kopi pada tempat yang tepat. Selain mengetahui bahwa kualitas kopi ditentukan dengan cara menyimpan kopi yang benar.